Blues


 

Pertama kali mengenal musik blues berawal dari kecintaan saya terhadap gitar, dan waktu nonton di TVRI di acara Blues Night dari sana timbulah keinginan kuat untuk mempelajari musik blues, meski saya tidak pernah masuk kursus gitar, atau belajar sama ahlinya pikir saya  saat itu saya pasti mampu bermain gitar seperti para pemain professional di acara blus Night TVRI, saya terus pelajari secara autodidak dengan bermodalkan kemampuan seadanya, saya cari berbagai cara dan metode latihan seperti merekam di kaset pita lagu-lagu blues yang menurut saya bagus permainan gitarnya dari radio mara tiap malam kamis di acara blues mara, saya putar ulang kaset itu sambil mengikuti setiap nada yang dimainkan di kaset, alhamdulilah sampai  satu lagu pun belum ada yang bisa saya mainkan dengan sempurna, ternyata bermain melodi blues sangat sulit, masih sangat saat lagi ngulik lagu Since I’ve been loving you dari LedZeppelin alasan saya ngulik lagu tersebut karena permainan melodi gitarnya panjang, dan durasi lagunya pun cukup panjang, belum sempat bisa mainkan lagu itu akhirnya saya menyerah karena sulit betul menjiplak permainan melodinya apalagi harus bisa mirip, wah nyerah deh, mendingan ngulik lagu dangdut sekalian.

Meskipun saya memang awam terhadap dunia musik, tuk membedakan mana lagu blues dan bukan lagu blues aja saya masih belum bisa, apalagi sampai memainkan lagunya terlalu sulit kayaknya, yang membedakan lagu blues dari aliran-aliran musik lainnya bagi saya terletak pada permainan melodi gitarnya yang mempunyai ciri khas tersendiri, dari sekian banyak musisi blues dunia seperti Jimmy Vaughn, Eric Clapton,Omar Kent Dykes, jeff beck, Muddy water,Bo Diddly,Bonnie Raite, Robert Cray, Buddy Guy, BB King, jimmi Hendrix dan lainnya ada beberapa lagu yang menjadi favorit, bagi yang belum mendengar silakan klik aja linknya di bawah ini buat download

> Doubel Trouble – Eric Clapton

> Tangerine – Led Zeppelin

> Trhee o clock Blues – BB king & Eric Clapton

> Red House – Jimmiy Hendrix

> Vodoo Child – Jimmy Hendrix

> Summer Time – Janis Joplin

> Black Dog – Led Zeppelin

> Rambling on my mind – Eric Clapton

> Contry Road – John Mayall

> Good Times Boogie – John Mayall

> Severed Garden – Jim Morisson

> Spaceship Blues – Jimmy Hendrix, Janis Joplin, Jim Morisson

> Soul Man – Blues Brother

> Blues – A tribute to stevie Ray Vaughan – six string Down (Jimmy Vaughn,

Eric clapton, Bonnie Raite, Robert Cray, Buddy Guy, BB king)

> Mustang Sally – Buddy Guy Jeff Beck

> I need your love so bad – Buddy Guy

> Slow Blues – Buddy Guy/Instrumental

> A man and teh blues – Buddy Guy

> Stone Crazy – Buddy Guy

> Trouble man – Buddy Guy

> Broken Hearted Blues – Buddy guy

> The first time i met the blues – Buddy guy

> Cut you lose – buddy guy

> Money – Eric Clapton & Buddy Guy

> Boom Boom – Buddy Guy

> My time after a while – Buddy guy

> cant se baby – Buddy guy

> Are you losing your mind – Buddy Guy

> Blues jam – Buddy Guy & Stevie Ray Vaughan

> I washed my hands in muddy water

> Paul Rogers – Muddy Water Blues

> Muddy Water.Mp3

> I rather drink – Muddy Water

> Cross Roads – Eric Clapton and Jeff beck

> Carlos santana – amazing grace (solo guitar) jeff beck

> Superstition – Jeff beck

> Free way jam – Jeff Beck

> Parallel lines – Jeff Beck

> Nadia – Jeff Beck

> Love is blue – Jeff Beck

> Blue Wind – Jeff Beck

> The yardbirds shapes of things – jeff beck

> JBS Blue – Jeff Beck

> Cause we’ve ended as lovers – Jeff beck

> I’ve been Drinking  – Rod Stewart & Jeff Beck

> I Wonder – Robert Cray

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

